Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Peluang Usaha Paling Menguntungkan Pada Tahun 2021

5 Peluang Usaha Paling Menguntungkan Pada Tahun 2021

5 Peluang Usaha Paling Menguntungkan Pada Tahun 2021 - Sebelum menjalankan sebuah bisnis tentunya anda harus dengan pandai melihat apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar saat ini. 

Kebutuhan pasar ini di mata seorang wirausaha bisa diubah menjadi peluang usaha yang menguntungkan. 

Kenapa bisa dibilang menguntungkan? Karena dengan peluang ini mereka bisa membuat produk/jasa yang sudah ada pasarnya karena memang dibutuhkan oleh konsumen. 

Nah, pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan ide peluang usaha yang memiliki proyeksi keuntungan yang besar loh. 

Dengan demikian anda tidak perlu repot lagi mencari ide peluang usaha dan tinggal memilih saja mana yang cocok dan langsung buat perencanaan bisnisnya. 

Tips Memilih Peluang Usaha yang Cocok

Jika diperhatikan baik-baik, sebenarnya hampir setiap saat peluang usaha bisa tercipta. Hanya saja tidak semua orang bisa cocok dengan ide tersebut. 

Memulai bisnis yang cocok dengan minat dan kepribadian kamu itu sangat penting. 

Selain lebih mudah memotivasi diri sendiri, anda pun bisa lebih menguasai bidangnya lebih dalam. 

Berikut ini adalah tips memilih peluang usaha yang cocok untuk anda.

1. Pilih yang sesuai minat

Minat menjadi kunci yang penting dalam menjalankan sebuah bisnis. 

Menjalani sebuah usaha yang memang menjadi minat dan passion anda tentunya akan membuat anda tidak akan mudah menyerah begitu saja. 

Bekerja pun rasanya seperti sedang menjalani hobi yang disukai saja. 

Namun, anda pun harus jeli melihat peluang yang sesuai dengan passion. 

Lihat terlebih dahulu, apakah minat kamu tersebut bisa menghidupi dalam proyeksi jangka panjang? 

Jika iya, tak ada salahnya untuk mengubahnya menjadi bisnis.

2. Riset kompetitor

There is nothing really new under the sun. Pepatah tersebut tak hanya berlaku di industri kreatif saja, tapi hampir di semua bidang usaha. 

Hampir semua jenis usaha yang ada saat ini telah dijalani oleh para wirausaha. 

Tak ada yang salah dengan ini dan jangan takut dengan persaingan di dalamnya.

Anda hanya perlu mengenali dan meriset secara mendalam para kompetitor. 

Cari tahu apa keunggulan dan kelemahannya. Dari data tersebut buatlah diri kamu menjadi berbeda, unik, dan memiliki keunggulan tersendiri. Keunggulan ini tak hanya soal end product saja, tapi juga bisa menawarkan pelayanan pelanggan yang lebih berkualitas dibandingkan kompetitor. 

3. Merangkul perkembangan teknologi

Perkembangan teknologi yang ada saat ini harus kamu tanggapi dengan baik untuk memajukan usaha yang kamu lakukan.

Jangan hanya terpana melihat kecanggihan teknologi lalu terbuai di dalamnya dan hanya menjadi konsumen saja di dalamnya. 

Manfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk mengembangkan bisnis kamu. Salah satunya adalah mulai berjualan di platform e-commerce. 

Perlu diketahui, berdasarkan data dari Katadata, transaksi e-commerce di Indonesia sendiri mengalami peningkatan sebesar 29,6% pada tahun 2020 dengan nilai sebesar Rp266,3 triliun. 

Rekomendasi Peluang Usaha dengan Profit Menjanjikan Tahun 2021

Admin mencoba merangkum ide peluang usaha yang bisa kamu mulai pada tahun ini dengan melihat apa saja kebutuhan pasar yang meningkat sepanjang tahun 2020 lalu. 

Untuk lebih mempermudahnya, kami coba membaginya berdasarkan beberapa tipe, mulai dari platform usaha (online/offline) dan besaran modal yang diperlukan. 

1. Makanan/minuman unik

Tren penjualan makanan/minuman sedang naik sejak awal pandemi sampai saat ini. Selain karena lebih mudah dilakukan, untuk memulainya pun tidak membutuhkan modal yang besar. 

Apalagi anda juga bisa menjualnya secara online sehingga tidak membutuhkan toko offline. 

Kopi atau minuman apa pun yang dijual secara literan bisa menjadi ide yang unik di sini. Dalam beberapa kesempatan, para pengusaha minuman mengutarakan ide minuman literan ini bisa lebih menguntungkan dari sisi biaya. 

Selain itu, banyak juga makanan yang berasal dari serial atau film yang ditonton selama pandemi. 

Misalnya saja tren makanan Korea seperti corn dog dan Korean garlic bread. Hal yang perlu lakukan adalah jeli melihat tren makanan dan minuman dan langsung membuatnya jadi produk. 

2. Jasa titip beli

Situasi pandemi membuat mobilitas orang-orang dibatasi untuk keluar rumah. 

Usaha yang bisa dilakukan untuk menanggapi hal ini adalah jasa titip beli, khususnya barang-barang yang memang belum tersedia di e-commerce. 

Salah satu pelaku usaha ini adalah Picked Route yang menawarkan jasa titipnya ini melalui Instagram. 

Saat ini dia melakukan jasa titip pembelian makanan yang berdasarkan rute-rute yang ia lewati sehari-hari. 

Untuk menghemat biaya, anda bisa memberlakukan sistem pre order dengan uang muka terlebih dahulu. 

3. Reseller/Dropshipper furniture

Situasi WFH atau di rumah saja membuat orang-orang ingin senyaman mungkin berada di dalam rumah berlama-lama. Oleh karena itu, tak heran jika penjualan furniture, khususnya yang berkaitan dengan perlengkapan untuk kerja di rumah meningkat selama pandemi ini. 

Nah, situasi ini bisa anda manfaatkan dengan menjadi reseller atau dropshipper furniture rumah. 

Tak perlu modal yang besar untuk menjalankan usaha ini karena kamu bisa mencari supplier yang menawarkan produk tersebut. 

Salah satunya adalah F2C Furniture yang memiliki program reseller/dropshipper untuk produk furniture mereka. Apalagi mereka juga tidak turun langsung jualan ke end user (konsumen) sehingga kamu bisa menjadi perantara mereka dan mengambil keuntungan di dalamnya. 

4. Perlengkapan Outdoor

Salah satu aktivitas liburan yang sedang naik daun saat ini adalah trekking. Selain bisa menghirup udara alam yang segar, aktivitas trekking ini bisa dilakukan hanya dalam waktu seharian saja dan tempatnya pun bisa dipilih yang dekat dari rumah. 

Nah, untuk bisa mendukung trekking tentunya orang-orang membutuhkan perlengkapan olahraga outdoor. Biasanya yang simpel-simpel saja, seperti baju dan celana khusus trekking, sandal gunung, ransel trekking berukuran kecil, sampai tongkat trekking. 

Nah, anda bisa mulai menyediakan perlengkapan trekking ini untuk mereka. Kamu bisa mencari supplier langsung dari pabrik untuk mendapatkan harga termurah agar margin profit kamu bisa lebih besar. 

Salah satunya adalah melalui Agen Digital yang merupakan platform reseller/dropshipper dari merek perlengkapan outdoor Torch. 

Selain menjualnya, anda juga bisa lho menyediakan jasa sewa perlengkapan outdoor ini mengingat trekking ini bisa jadi hanya hobi tren belaka dan orang-orang belum tentu minat untuk membelinya. Oleh karena itu, pilihan sewa bisa menjadi alternatif yang menarik untuk mereka. 

5. Bisnis Penghemat BBM

Penghemat BBM semakin banyak diminati oleh kalangan masyarakat.

mengingat pengeluaran yang semakin besar hanya untuk kendaraan, orang-orang akan mencari cara untuk mengatasinya, yaitu dengan cara menggunakan penghemat BBM. 

Untuk memilih penghemat bbm, kita juga nggak boleh sembarangan, kita harus memilih penghemat BBM yang berkualitas dan sudah teruji dan terbukti khasiatnya. 

Nah, situasi ini juga bisa anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. apalagi sekarang sudah ada penghemat BBM yang terbukti dapat menghemat bahan bakar loh, ini juga aman untuk kendaraan, jadi gak perlu khawatir lagi untuk digunakan di kendaraan. 

Jika anda berminat untuk menjadi distributor penghemat BBM, langsung saja hubungi admin ya, biar admin bantu. 

Oke cukup sekian artikel dari admin, semoga bermanfaat... Selamat berbisnis.